Kamis, 02 Februari 2017

Cara Memulai Bisnis Modal Kecil Dengan Menjadi Dropshipper

Posted by Herma Davian on Kamis, 02 Februari 2017

Cara Memulai Bisnis Modal Kecil - Bagi para netizen tentunya sudah tidak asing dengan situs forum kaskus, tokopedia, bukalapak, atau website sejenis lainnya yang menyediakan jasa jual beli online. Berbagai macam barang serta jasa banyak ditawarkan melalui toko online tersebut. Melihat semakin menjamurnya peluang usaha di toko online tersebut, membuat seller berpikir keras untuk melebarkan sayap bisnisnya. Oleh karena itu, beberapa seller memberikan peluang dengan menggunakan sistem Dropship, di mana si dropshipper hanya bertugas sebagai perantara dari barang atau jasa yang dijual, dan mendapat keuntungan dari selisih harga yang diberikan oleh penjual kepada dropshipper tersebut. Peluang ini bisa menjadi alternatif pilihan bisnis bagi anda, mengingat untuk dropshipper adalah bisnis modal kecil yang bisa dilakukan oleh siapapun.
memulai Bisnis modal kecil dengan dropship
memulai Bisnis modal kecil dengan dropship

Arti Dropshipping

Dropship sendiri sebenarnya tipe bisnis modal kecil tidak harus melalui penjualan online, bisa juga melalui offline. Akan tetapi, kecepatan akses informasi saat ini cenderung membuat masyarakat lebih memilih untuk melakukan penjualan secara online. Seperti dijelaskan di awal, Dropshipper adalah peluang bisnis dengan modal kecil, sehingga anda bisa memulainya dari sekarang. Namun, sebelum anda memulai, ada baiknya untuk mempelajari lebih lanjut mengenai dropshipper ini, mulai dari sisi skema penjualan dan untung rugi, dalam menjalankan bisnis dropship ini.

Skema penjualan
Sebelum memulai bisnis, termasuk bisnis dengan modal kecil sekalipun, kita harus mengetahui skema atau perputaran dari bisnis itu sendiri. Untuk bisnis dropship, ilustrasinya adalah sebagai berikut:
Sebuah toko, katakanlah toko A menyediakan barang, misalnya jersey olahraga yang dijual secara online dan Anda mendaftarkan diri untuk menjadi dropship dari toko A tersebut.

  1. Toko A memberikan list atau katalog barang yang dijual beserta harga pokoknya kepada anda
  2. Anda memasarkan produk jersey olahraga tersebut dengan menggunakan nama anda dan dengan harga yang lebih tinggi dari harga pokok dari toko A.
  3. jika terjadi transaksi, maka pembeli akan membayar sesuai dengan harga yang anda tentukan.
  4. Anda meneruskan transaksi penjualan ke toko A dengan membayar sesuai dengan harga pokok yang terdapat di katalog toko A.
  5. Toko A akan memproses transaksi dengan mengirimkan barang kepada pembeli, atas nama anda sendiri.

konsep dan skema bisnis dropship dengan modal kecil
konsep dan skema bisnis dropship dengan modal kecil
Berdasarkan ilustrasi di atas, ada beberapa perbedaan dengan reseller. Jika reseller harus terlebih dahulu membeli barang kepada toko A, kemudian menentukan harga jual dan memproses transaksi pembeliannya. Lain halnya dengan dropship, di mana anda hanya tinggal meminta beberapa foto atau katalog yang terdapat di toko A, dan transaksi penjualan akan diproses atas nama anda sendiri. 

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Dropshipping

Bicara mengenai bisnis, mau tidak mau kita harus berbicara mengenai untung ruginya. Untuk bisnis dengan modal kecil sekalipun, selain ada untung, pasti aka nada resiko atau kerugian yang akan dihadapi. Namun, segala resiko tersbut bisa diminimalisir jika anda mengetahunya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari bisnis dropship ini.

Keuntungan Bisnis Dropshipping

Bisa Dikerjakan Tanpa harus Memiliki Modal Besar

Beberapa orang kesulitan dalam memulai bisnis dikarenakan faktor modal. Untuk bisnis dropship ini, modal yang dikeluarkan relatif kecil, karena mayoritas para seller menggunakan jasa internet untuk memasarkan produknya. Jadi untuk menjadi dropshipper, anda hanya perlu bermodalkan akun jejaring sosial anda seperti twitter, instagram, fb, dll serta memilki koneksi internet. Akan lebih mudah lagi jika anda memiliki koneksi internet di rumah.

Bisa Dikerjakan Di Mana Saja

Flexibilitas waktu juga menjadi salah satu keuntungan dari bisnis dropship. Anda bisa menjalankan bisnis modal kecil ini dari manapun, selama gadget anda masih terhubung ke jaringan internet. 

Produk yang Dijual Beragam 

Berbeda dengan reseller yang harus membeli beberapa barang terlebih dahulu untuk dijadikan stok, berbisnis dropshipper memiliki kelebihan di produk yang dijual. Dropshipper bisa menawarkan beberapa jenis produk yang berbeda kepada calon pembeli, karena hanya bermodalkan katalog yang diberikan oleh toko tanpa khawatir harus kehabisan atau kelebihan stok.

Kerugian Bisnis Dropshipping

Keuntungan Sedikit

Dalam ilmu bisnis anda tentunya mengenal high risk high return, begitu juga sebaliknya. Karena dropship ini merupakan bisnis dengan modal yang kecil, dan harga yang dipatok tidak terlalu mjauh dari harga pokok yang diberikan, maka untuk sekali transaksi yang deal pun, pendapatannya mungkin masih di luar ekspektasi awal.

Informasi  Barang yang Dijual Tidak Update

Secara skema, dropshipper adalah tangan ke dua dari supplier atau penyedia barang. Ada kalanya, informasi mengenai barang yang dijual tidak diupdate ke dropshipper, sehingga kesulitan untuk mengetahui ketersediaan barang.

Dropshiiper Menjadi “Palang Pintu” Bagi Penyedia Barang

Seperti yang dijelaskan pada ilustrasi di atas, bisnis modal kecil ini menggunakan nama si dropshiper dalam memproses transaksinya, dalam artian Supplier mengirimkan barang pesanan kepada pembeli atan nama dropshippernya. Apabila sewaktu-waktu pembeli menerima barang dari dropshipper dan tidak sesuai dengan spesifikasi, maka yang akan dikomplain terlebih dahulu adalah si dropshipper itu sendiri.

Jika anda memutuskan untuk menjadi dropshipper, hendaknya agar memilih supplier yang sudah memiliki skema penjualan yang jelas mulai dari pemesanan hingga pengiriman barang. Selain itu, jalinlah komunikasi yang baik dengan supplier, karenanya carilah supplier yang mudah utnuk diajak berkomunikasi, serta tidak mengalami kesulitan jika dihubungi. Demikianlah ulasan kami mengenai peluang bisnis modal kecil dengan menjadi dropshipper. Semoga ulasan singkat kami ini menjadi referensi utama bagi anda yang kebingungan untuk menjalankan bisnis, namun masih memiliki modal yang minim.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar